07
Jan
14

#3

Hari ini saya tidak sengaja bertemu dua orang teman SMA. Mereka tidak berubah, mereka tetap sama seperti mereka yang pernah saya kenal dulu ketika SMA. Graha dengan segala keangkuhannya – yang sialnya harus saya akui bahwa dia mumpuni dan berhak memiliki keangkuhan seperti itu-, dan Ocha dengan segala kerendahan hati dan pembawaannya yang menyenangkan. Pertemuan itu membawa saya ke sebuah lorong waktu, menengok dan bernostalgia sejenak dengan saya ketika SMA.

 

Saya bukan siapa – siapa ketika masuk ke SMA, bahkan saya adalah salah satu orang yang sangat membenci SMA saya. Jangan heran jika saya pernah menyalahkan Tuhan atas diterimanya saya di sekolah itu. Tapi bukan Tuhan nama-Nya, jika tidak memberikan senyuman setelah tangisan. Perlahan tapi pasti, saya mulai nyaman dengan sekolah yang awalnya saya benci itu. Perkenalan dengan dunia organisasi, mengantarkan saya pada cerita penuh makna yang membentuk saya menjadi saya yang sekarang.

 

Segalanya bermula dari OSIS dan segala macam tetek bengek kepanitiaan sekolah, tempat saya mulai mengenal berbagai macam karakteristik orang. Tempat saya mulai mempertentangkan ‘keakuan’ saya. Tempat saya mulai mempertentangkan idealisme berbalut keegoisan saya. Namun juga tempat saya bertemu dengan orang – orang hebat yang hingga kini menjadi teman – teman dekat saya. Tempat saya bertemu orang dengan berbagai macam pandangan yang tak pernah terpikirkan oleh saya. Pertemuan dan segala macam pembelajaran dari mereka mengantarkan saya menjadi saya yang sekarang. Pandangan, kepemimpinan, cara bersikap, komunikasi, semuanya saya pelajari dari mereka. Meski kini saya tak sehebat dulu lagi, tapi saya tak pernah lupa bagaimana mereka membentuk dan menempa saya menjadi seseorang yang lebih mandiri, tidak egois, bertanggung jawab, dan mampu lebih menghargai orang lain.

 

Terima kasih kepada Graha dan Ocha, yang membawa saya sejenak ke masa lalu saya. Mungkin saya diingatkan kembali untuk terus menerus mengasah nilai – nilai yang saya pelajari selama SMA dan menerapkannya meski zaman tak pernah lelah untuk berlari dan berdinamika. Sukses untuk kita semua.


0 Responses to “#3”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

