24
Dec
13

Natal tahun ini Natal ke delapan sejak kita memutuskan untuk tidak bersama, Natal ke-entahlah sejak kamu duduk di hadapanku meminta restuku menikahi gadis pilihanmu. Sungguh, masih saja rasa kehilangan itu ada. Sungguh aku masih ingat kebiasaan kita bersama. Menghias pohon natal dengan pertengkaran kecil mengenai bagaimana sebaiknya bintang diletakkan. Menuliskan keinginan kita dan menggantungnya di pohon natal, berharap Tuhan tak pernah lupa memberkati kasih kita. Memadu padankan baju supaya tampak serasi ketika misa di gereja. Berdoa di depan bayi Kristus, berharap kelahirannya yang membawa damai selalu menyelimuti kita. Dan yang paling penting adalah saling menilik diri, sudahkah damai itu terpancar dari dalam diri kita masing-masing. Ah untung saja Natal tahun ini aku ada di barisan paduan suara, sehingga aku toh tak punya waktu memikirkan kesepian dan ketiadaan dirimu. Ehm sebenarnya bukan tak sepenuhnya aku tak punya waktu untuk memikirkanmu.

Kamu tahu, aku harus bernyanyi bersama teman-temanmu, teman dekatmu mungkin. Pertama kali aku harus berlatih bersama mereka, rasanya aku tidak siap. Rasanya semua tentang dirimu mampir kembali dalam ingatanku. Mereka memang tak terlalu mengenalku, tapi aku tahu mereka. Bagaimana aku tidak tahu, kamu selalu menggebu-gebu jika membicarakan mereka. Mereka orang hebat dan kamu memang pantas berada di antara mereka. Untungnya, pelatih paduan suaraku galak sehingga aku segera mampu tersadar dari lamunanku tentangmu dan terfokus pada teks lagu di depanku, jika tidak aku khawatir aku tak akan ikut paduan suara lagi karena takut kamu hadir lagi dalam pikiranku lebih jauh dari itu.

Malam ini,  meski berat aku ucapkan Selamat Natal, “Kawan” semoga damai Tuhan selalu menyertai dirimu dan keluargamu. Salam kasih dan rindu untuk ibumu, maaf aku tak pernah lagi menolongnya mengeluarkan motor dari parkiran gereja.


0 Responses to “”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: