15
Oct
13

#BahagiaItuTidakSederhana

Hashtag twitter #BahagiaItuSederhana cukup menggelitik saya. Saya benar-benar nggak setuju dengan pernyataan bahwa bahagia itu sederhana. Bagi saya, bahagia bukanlah hal yang sederhana bahagia itu luar biasa. Hanya mungkin cara mendapatkanya saja yang sederhana. Misalnya, kita bahagia melihat bunga di taman, jika ditelaah yang sederhana bukanlah kebahagiaannya tetapi cara mendapatkannya yaitu dengan melihat bunga di taman.

Mari kita lihat definisi ahli tentang bahagia. Kebahagiaan merupakan konsep yang luas, seperti emosi positif atau pengalaman yang menyenangkan, rendahnya mood yang negatif, dan memiliki kepuasan hidup yang tinggi (Diener, Lucas, Oishi, 2005 dalam ). Seseorang dikatakan memiliki kebahagiaan yang tinggi jika mereka merasa puas dengan kondisi hidup mereka, sering merasakan emosi positif dan jarang merasakan emosi negatif, selain itu kebahagiaan juga dapat timbul karena adanya keberhasilan individu dalam mencapai apa yang menjadi dambaannya, dan dapat mengolah kekuatan dan keutamaan yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat merasakan sebuah keadaan yang menyenangkan (Diener dan Larsen, 1984, dalam Edington,2005). Selain itu kebahagiaan juga memiliki empat komponen utama, seperti kepuasan dalam hidup secara umum, kepuasan terhadap ranah spesifik kehidupan, adanya afek yang positif, seperti mood dan emosi yang menyenangkan, dan ketiadaan afek negatif, seperti mood dan emosi yang tidak menyenangkan (Eddington & Shuman, 2005). Keempat komponen utama ini, yaitu kepuasan hidup, kepuasan ranah kehidupan, afek positif, dan afek negatif, memiliki korelasi sedang satu sama lain, dan secara konseptual berkaitan satu sama lain. Namun, tiap-tiap komponen menyediakan informasi unik mengenai kualitas subyektif kehidupan seseorang (Diener, Scollon, & Lucas, 2003). Afek positif dan afek negatif termasuk kedalam komponen afektif, sementara kepuasan hidup dan domain kepuasan termasuk ke dalam komponen kognitif. Veenhoven mendefinisikan kebahagiaan sebagai keseluruhan evaluasi mengenai hidup termasuk semua kriteria yang berada di dalam pemikiran individu, seperti bagaimana rasanya hidup yang baik, sejauh mana hidup sudah mencapai ekspektasi, bagaimana hidup yang menyenangkan dapat dicapai, dan sebagainya (dalam Gelati, dkk, 2006). Selain itu, kebahagiaan juga dapat dikatakan sebagai pengalaman positif, kenikmatan yang tinggi, dan motivator utama dari segala tingkah laku manusia (Argyle dalam Bekhet, dkk, 2008). (Definisi ini dikutip dari http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2011-2-01059-PS%20Bab2001.pdf).

Gimana, setelah baca definisi tersebut masihkah kamu menganggap bahagia itu sederhana? Atau sebenarnya yang sederhana adalah cara mendapatkan kebahagiaan-nya? Sungguh bahagia itu tak pernah sesederhana itu kawan. Jika kamu masih ‘ngeyel’, dan menganggap bahwa itu teori itu terlalu rumit dan kuno, maka mari kita sederhanakan. Bayangkan saja kita baru saja mendapat kado dari pasangan dan kita bahagia. Jika kita menganggap bahwa bahagia itu sederhana coba tanyakan terlebih dahulu pada pasangan kita, bagaimana ia mendapatkan hadiah tersebut. Apakah ia panas-panasan menuju ke mall, apakah ia harus berdesak-desakkan untuk mendapat hadiah tersebut, atau berapa uang yang rela ia keluarkan untuk mendapati kamu bahagia yang sederhana. Dengan menganggap bahwa bahagia itu sederhana, berarti kamu tidak menghargai pengorbanan yang pasanganmu lakukan.

 

Maka sekali lagi saya katakan bahagia itu tidaklah sederhana kawan, bahagia itu luar biasa. Hanya mungkin cara memperoleh kebahagiaannya itu yang sederhana. Walaupun mungkin sebenarnya tidak sesederhana itu juga. Keep smile.


0 Responses to “#BahagiaItuTidakSederhana”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: